-->

Cara Flash Handphone Chipset Spreadtrum

Spreadtrum Adalah Merek dagang dan salah satu produknya adalah chipset atau prosesor yang sering di pakai oleh beberapa merk handphone android,prosesor spreadtrum memiliki beberapa seri di antaranya SC6820-SC6610-SC5735-SC6530-SC8810-SC8825-SC8830-SC7715-SC9830-SC7731 dan masih banyak lagi seri seri yang di keluarkan oleh pihak perusahaan spreadtrum.
Prosesor Spreadtrum banyak di pakai oleh merk handphone terkemuka seperti advan,samsung,lenovo,brandcode,polytron,aldo,mito dan masih banyak lagi perusahaan perusahaan terkenal yang membekali merk dagangnya dengan chipset spreadtrum.

Baca Juga:Solusi Advan S4i Hilang Signal Setelah Flash

 
Dalam dunia teknisi handphone ada dua istilah kerusakan atau eror,istilah
pertama adalah hardware dan istilah kedua adalah software,Kerusakan Hardware adalah kerusakan pada perangkat keras dari handphone tersebut,Contoh handphone sobat mati total dan yang rusak adalah IC CPU atau IC Flash,maka itu di istilahkan kerusakan hardware dan metode memperbaikinya adalah dengan membongkar handphone tersebut dan menggantinya dengan sparepart baru,dan salah satu dari perangkat keras/Hardware dari sebuah handphone adalah chipset prosesor.
Sedangkan kerusakan software adalah dimana sebuah sistem perangkat lunak yang terprogram pada perangkat keras tidak bekerja dengan baik dan mengakibatkan eror pada system tersebut dan banyak istilah istilah kerusakan software di istilahkan oleh para teknisi dengan istilah bootloop,hadrbrick,softbrick dan lain sebagainya.
Metode untuk memperbaiki kerusakan perangkat lunak/software pada handphone adalah dengan metode instal ulang atau flashing,Instal ulang/atau flashing adalah Proses pengiriman data perangkat lunak/sytem melalui komputer atau laptop dengan konektivitas kabel data usb kepada perangkat handphone yang mengalami eror.Namun tidak terlepas dari metode flashing via PC/laptop banyak para pengembang yang menggunakan cara flashing dengan metode bantuan dari system recovery atau CWM dan TWRP.Dan metodenya pun berbeda beda,tergantung dari chipset yang di sematkan pada handphone tersebut.

Baca Juga:Solusi Advan S3D Hilang Signal Setelah Flash

Dan Dalam kesempatan yang baik ini,saya akan berbagi pengetahuan cara instal ulang/flashing pada handphone yang menggunakan chipset Spreadtrum,dan perlu sobat ketahui metode flashing pada chipset spreadtrumpun berbeda beda dan tegantung dari seri chipset yang di sematkan pada handphone tersebut.

Dalam metode flashing menggunakan PC/komputer di butuhkan satu aplikasi untuk mengirimkan data yang kita transfer ke handphone yang mengalami eror,dan aplikasi tersebut ada yang bekerja dengan box flasher dan tanpa box flasher.

Sedangkan untuk metode tanpa menggunakan box flasher,aplikasinya adalah research download,Research download adalah salah satu aplikasi free/gratis yang bisa di gunakan untuk proses flashing handphone yang menggunakan chipset speradtrum tanpa menggunakan box flasher.

Sedangkan untuk ektensi file,research downlaod hanya membaca file berektensi pac dan bin,namun untuk file yang berektensi bin hanya bekerja pada bagian bagian tertentu saja,Sedangkan file utamanya adalah ektensi pac,Contoh jelasnya file pac bisa berjalan tanpa file bin,tapi file bin tidak akan berjalan tanpa file pac.

Jika sobat sudah memahami dasar dasar flashing handphone yang menggunakan chipset spreadtrum dan ingin langsung mencoba dan mempraktekan pada handphone kesayangan sobat yang lagi mengalami kerusakan pada perangkat lunaknya entah itu bootloop,lupa pola,lupa gmail,hardbrick,softbrick,silahkan download Tool tool nya di bawah ini.

Bahan bahan yang harus di Siapkan.

1-Komputer/Laptop (Jika tidak punya sobat Bisa pinjam Sama tetangga/teman)

2-Research Download Download lalu extract (1,7mb) 

3-Driver Spreadtrum Download lalu extract dan instal di PC/Laptop (3mb) 

4-File berektensi PAC sesuai dengan handphone yang akan di perbaiki (Sobat bisa Cari di Google)

5-Kabel data Usb original (Bisa di dapatkan di counter handphone terdekat)

Langkah Langkah Flashing.

Contoh Proses Flashing yang di terapkan pada Advan S3E yang menggunakan Chipset Spreadtrum SC6820

Langkah #1
Jalankan Research Download.
Contoh Gambar:Lihat

Langkah #2
Masukan File Advan S3E Yang berektensi PAC (jika file di rar silahkan sobat extract dulu menggunakan winrar) ke kolom bericon gear roda gigi.
Contoh Gambar:Lihat

Langkah #3
Masuk ke tab setting yang bericon Roda gear dua, kemudian Pilih Tab Backup lalu hilangkan semua Centang yang ada.
Contoh Gambar:Lihat

Langkah #4
Klik Icon Panah pada Research Download untuk memulai proses flashing,Kemudian dalam keadaan handphone mati dan terpasang batre,tekan dan tahan vol atas pada handphone,kemudian sambungkan ke PC/Laptop menggunakan kabel USb,Maka proses flashing akan berjalan,tunggu sampai selesai. (lepas tombol jika proses flashing sudah berjalan).
Contoh Gambar:Lihat

Langkah #5
Selesai dengan di tandai Passed.
Contoh Gambar:Lihat

Langkah #6
Lepas kabel usb,lepas dan pasang kembali batre,lalu nyalakan handphone.

Demikian Cara Flash Handphone Chipset Spreadtrum,Jika ada yang salah mohon di koreksi karena Admin juga bukan seorang master.

Terima kasih semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response To "Cara Flash Handphone Chipset Spreadtrum"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel